MUQADDIMAH

MUQADDIMAH
إنا أنزلنا القرآن عربيا لعلكم تعقلون

Friday, March 26, 2010

METODE KOMUNIKATIF ( At-thariqah Al-ittishaliyah )

Kata-kata kunci: Implikasi, At-thariqah Al-ittishaliyah, Bahasa Arab

Skripsi ini membahas tentang" Implikasi Penerapan At-thariqah Al-ittishaliyah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun penel;itian ini mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni (1) Bagaimana penerapan at-thariqah al-ittishaliyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto (2) Implikasi penerapan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawaiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto (3) Apa kendala dan solusi penerapan at-thariqah al-ittishaliyah dalam pembelajaran bahasa Arab.
Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Untuk menetahui bagaimana penerapan at-thariqah al-ittishaliyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto (2) Untuk mengetahu implikasi penerapan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawaiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto (3) Untuk mengetahui kendala dan upaya untuk mengatasinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatf deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan edukatif. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan melalui: Observasi dan wawancara. Sumber data yang penelitian adalah guru bahasa Arab, peserta didik dan kepala madrasah Dari hasil temuan ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut:
(1)At-thariqah Al-ittishaliyah adalah suatu cara, pola, atau langkah dalam membangun interaksi aktif antara peserta didik dalam kelas, yang dilakukan seorng pendidik dalam pembelajaran bahasa Arab sebagai upaya untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Sehingga tujuan belajar bahasa dapat dicapai.(2) Implikasi penerapan At-thariqah Al-ittishaliyah pada pembelajaran Bahasa Arab dapat memberikan motivasi belajar peserta didik serta pencerahan pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab secara maksimal dan memadai dan menepis anggapan bahwa bahasa Arab itu sebagai momok.(3) Kendala yang dihadapi agar diminimalisir dengan memberikan pelajaran tambahan kepada peserta didik sehingga ke empat keterampilan berbahasa semuanya dapat tercapai dengan baik.

No comments: