MUQADDIMAH

MUQADDIMAH
إنا أنزلنا القرآن عربيا لعلكم تعقلون

THARIQAH QAWAID WA TARJAMAH


ABSTRAK
Ramdayani H. Busalo, Nim. 05 104 004. 2009, Penerapan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah dan Implikasinya terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII-2 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (1) Drs. H. Muh. Arif, M.Ag (2) Damhuri, M.Ag

Kata-kata kunci ;  Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah, dan Penguasaan Kosa Kata.
           
Skripsi ini membahas tentang ”Penerapan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah dan Implikasinya terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII-2 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto Kabupaten Gorontalo” dengan permasalahan sebagai berikut (1) Bagaimanakah penerapan thariqoh al-qawaid wa at-tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto, (2) Bagaimanakah impilkasi penerapan thariqoh al-qawaid wa at-tarjamah dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto dalam pembelajaran bahasa Arab, (3) Apa kendala penerapan thariqoh al-qawaid wa at-tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Limboto dan bagaimana langkah-langkah mengatasinya.
Penerapan adalah menyajikan atau mempraktekkan, jadi yang dimaksud dengan penerapan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan jalan menghafal tata bahasa serta menerjemahkan bacaan yang berbahasa Arab ke dalam bahasa ibu.
Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan sangat urgen untuk menentukan tercapainya tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Hal ini dikarenakan bahwa kedudukan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah memiliki peran penting dalam proses pembelajaran hingga dapat melakukan menerjemahkan teks bahasa Arab dengan menggunakan Bahasa target.
            Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dalam mengkaji permasalahan di atas digunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis.
            Dari hasil penelitian diperoleh data dan informasi tentang: di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Model Limboto pada pembelajaran bahas Arab guru menggunakan beberapa thariqoh/metode diantaranya Thariqoh al-Mubasyarah, Thariqoh al-Qira’ah, Thariqoh al-Ittishaliyah dan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah.Akan tetapi pada skripsi ini khusus dibahas tentang Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah yang penerapannya sudah cukup baik walaupun masih ada kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Adapun Implikasi dari penerapan Thariqoh al-Qawaid wa at-Tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa.