MUQADDIMAH

MUQADDIMAH
إنا أنزلنا القرآن عربيا لعلكم تعقلون

BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH


Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang mengembangkan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan agama, pengetahuan umum, dan sosial-budaya Pelajaran bahasa Arab yang diajarkan di Madrasah berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan, disamping sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu, pelajaran bahasa Arab di Madrasah tidak terpisahkan dari bidang-bidang studi (mata pelajaran)  lain yang diajarkan pada Madrasah.  
Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah adalah  agar siswa menguasai secara aktif dan pasif dengan target penguasaan 2500-3000 kosa kata dan idiomatik yang disusun dalam berbagai tarkib (susunan kata) dan pola kalimat yang diprogramkan, sehingga dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi dan memahami teks-teks kontemporer, baik yang terkait dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) maupun keagamaan.
         Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah memiliki tujuan agar para siswa berkembang dalam hal :
1.      Ketrampilan menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qiro’ah), dan menulis (kitabah) secara benar dan baik.
2.      Pengetahuan mengenai ragam bahasa dan konteksnya, sehingga para siswa dapat menafsirkan isi berbagai bentuk teks lisan maupun tulisan dan meresponnya dalam bentuk kegiatan yang beragam dan interaktif.
3.      Pengetahuan mengenai pola-pola kalimat yang dapat digunakan untuk menyusun teks yang bermacam-macam dan mampu menerapkannya  dalam bentuk wacana lisan dan tulisan;
4.      Pengetahuan mengenai sejumlah teks yang beraneka ragam dan mampu menghubungkannya  dengan aspek sosial dan personal;
5.      Kemampuan berbicara secara efektif dalam berbagai konteks;
6.      Kemampuan menafsirkan isi berbagai bentuk teks tulis dan merespon dalam bentuk kegiatan yang beragam, interaktif, dan menyenangkan;
7.      Kemampuan membaca buku bacaan fiksi dan non fiksi serta menceritkan kembali intisarinya;
8.      Kemampuan menulis kreatif berbagai bentuk teks untuk menyampaikan informasi, mengungkapkan pikiran dan perasaan;
9.      Kemampuan menghayati dan menghargai karya orang lain;
10.  Kemampuan untuk berdiskusi dan menganalisis teks secara kritis.
Adapun ruang Lingkup pembelajaran bahasa Arab di Madrasah meliputi; (i) unsur-unsur kebahasaan, terdiri atas  tata bahasa (qowaidu al lugoh), kosa kata (mufrodat), pelafalan, dan ejaan (ashwat arabiyah), (ii) ketrampilan berbahasa, yaitu menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qiro’ah), dan menulis (kitabah), dan (iii)  aspek budaya yang terkandung dalam teks lisan dan tulisan.